Perluas Cakupan Layanan Air Bersih oleh Perumda Tirta Benteng Sebagai Upaya Pencapaian Target SDGs

Sebarkan Berita

Focusflash.id,  Tangerang – Dalam rangka menyukseskan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang mempercepat perluasan pelayanan air bersih di Kota Tangerang.

 

Salah satu agenda SDGs adalah Air Bersih dan Sanitasi yang pembangunannya akan terus dipercepat sebagai upaya pemerataannya pelayanan bagi masyarakat. SDGs ini merupakan prioritas pembangunan nasional, yang memerlukan sinergi kebijakan perencanaan baik di tingkat nasional, tingkat provinsi maupun kab/kota.

 

Dengan adanya agenda tersebut, Perumda Tirta Benteng akan segera melaksanakan pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di wilayah Kota Tangerang (zona 2 dan zona 3) dengan skema kerjasama melalui badan usaha.

 

Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dimaksudkan sebagai bagian dari dukungan Program Strategis Nasional (PSN) offtakers Karian Serpong dan juga sebagai inspeksi Kementerian PUPR terhadap pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah Sitanala untuk meningkatkan cakupan penyediaan air minum di wilayah metropolitan Tangerang dan memungkinkan masyarakat untuk menikmati layanan tersebut.

Selain itu, Perumda Tirta Benteng akan segera menyelenggarakan seleksi calon mitra yang dapat melaksanakan pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) melalui proses seleksi yang kompetitif.

 

“Akuisisi calon mitra dilakukan melalui mekanisme transaksi antara pelaku usaha dan lembaga komersial lainnya sesuai dengan peraturan pemerintah”, kata Plt. General Manager (Direktur) Perumda Tirta Benteng Doddy Effendi kepada wartawan, Sabtu (23/6/5).

 

Sehubungan dengan berbagai kewajiban yang harus dipenuhi oleh calon mitra yaitu. Merehabilitasi, pengoperasian, pemeliharaan dan pengelolaan unit air baku eksisting di fasilitas penunjang.

 

” Kerjasama dengan badan usaha adalah kontrak untuk membangun, rehabilitasi, dengan guna dan serah (Build Rehabilitate Operate Transfer/ BROT) dan bangun serah (Build – Transfer/ BT) untuk jangka waktu 30 (tiga puluh) tahun terhitung sejak ditandatanganinya kontrak kerjasama dan pembayaran dalam cicilan ( KBA) 25 (dua puluh lima) tahun SPAM Karian-an Serpong Regional,” ujar Doddy Effendi.

 

“Melalui kerjasama ini, nilai investasi pengembangan sistem penyediaan air minum (SPAM) diperkirakan mencapai 2.404.461.000.000 rupiah (Dua Triliun Empat Ratus Empat Miliar Empar Ratus Enam Puluh Satu Juta Rupiah). tambah Plt.Dirut.

 

Doddy menambahkan, calon mitra harus memenuhi sejumlah persyaratan, antara lain surat pernyataan minat yang ditandatangani oleh direktur utama dengan materai terlampir, salinan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan salinan izin usaha yang dikeluarkan oleh OSS.  atau instansi lain dengan lampiran, salinan surat dan persetujuan badan hukum dari kementrian Hukum dan HAM untuk mendirikan badan hukum, salinan surat perubahan anggaran dasar Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang berisi susunan pemegang saham atau yang lainnya,” ujarnya.

 

Dokumen dapat dikumpulkan mulai 8 Mei hingga 12 Mei 2023 mulai pukul 09.00. sampai jam 3 sore. WIB di kantor Perumda Tirta Benteng Kota langsung oleh Direktur Utama/pimpinan calon mitra usaha.

 

(Rosita)

red-focusflash

dukung informasi ter-update

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *