Dinas Lingkungan Hidup Tangsel Dengan Inovasi Reuse, Reduce, dan Recycle (Mengurangi, Menggunakan, Daur ulang) atau TPS3R

Sebarkan Berita

Advertorial

 Tangsel, Focusflash.id – Pengurangan sampah mulai dari sumber merupakan tanggung jawab dari semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat. TPS 3R adalah tempat dilaksanakannya kegiatan pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, dan pendauran ulang sampah pada skala kawasan atau

Pengelolaan sampah TPS 3R juga ditekankan untuk melibatkan masyarakat sekitar lokasi TPS 3R. Dengan melibatkan masyarakat diharap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berpenghasilan rendah. Tidak dipungkiri juga kesadaran masyarakat Indonesia dalam memilah sampah dari rumah sangat rendah, oleh karenanya kehadiran TPS 3R diharapkan dapat membantu proses pengolahan sampah kawasan sehingga sampah bisa didaur ulang dan mengurangi tumpukan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).

TPS 3R di Kota Tangerang Selatan saat ini berjumlah 41 unit. TPS 3R tersebar di 7 Kecamatan diantaranya Kecamatan Ciputat Timur (3 unit), Kecamatan Ciputat (9 unit), Kecamatan Pondok Aren (3 unit), Kecamatan Serpong (6 unit), Kecamatan Serpong Utara (1 unit), Kecamatan Setu (7 unit), dan Kecamatan Pamulan (12 unit). Sampah yang dikelola TPS 3R mencapai 107 ton/hari. Pengurangan sampah melalui TPS 3R sudah mencapai 13,3% dari timbulan sampah Kota Tangerang Selatan.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan juga mendukung program TPS 3R melalui penyediaan sarana dan prasarana kegiatan, pemeliharaan dan renovasi gedung, pemeliharaan mesin dan kendaraan bermotor, serta pendampingan melalui tenaga pendamping TPS 3R. Sarana dan prasarana yang disediakan diantaranya berupa baju kerja, sepatu boot, sarung tangan, masker, desinfektan, ember, sekop, congkrang, garukan, gerobak roda satu, gerobak angkut sampah, motor roda tiga, pembuatan bata berongga untuk pengomposan, dsb. DLH juga membeli kompos hasil proses pengomposan TPS 3R untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai TPS 3R dan memberi insentif gaji untuk pemilah sampah TPS 3R.

Ke depannya DLH akan meningkatkan kinerja TPS 3R dengan terus memfasilitasi kebutuhan TPS 3R dan membangun TPS 3R di lokasi yang belum memiliki pengelolaan sampah kawasan. Dengan peningkatan kinerja dan jumlah TPS 3R, diharapkan jumlah sampah yang berakhir di Tempat Pemrosesan Sampah Terpadu (TPST) Cipeucang akan menurun secara signifikan.( ADV )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *