Dewan Pers Indonesia Miliki Asesor Kompetensi Wartawan Bersertifikat BNSP

Spread the love

Jakarta, Focus Flash.id – Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) telah mengeluarkan sertifikasi resminya kepada 19 orang asesor uji kompetensi wartawan kepada 19 orang yang telah mengikuti serangkaian latihan dan ujian sejak tanggal 14 hingga 18 April 2021 kemarin.

Sertifikasi BNSP itu dialamatkan kepada seseorang yang memiliki kualifikasi untuk melaksanakan asesmen dalam rangka asesmen manajemen mutu dalam sistem lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi, sebagai penguji resmi uji kompensi wartawan (UKW).

Terkait hal itu, Ketua Umum Dewan Pers Indonesia (DPI) Hance Mandagi yang menginisiasi terbitnya sertifikasi BNSP itu mengatakan bahwa sertifikasi asesor kompetensi wartawan itu adalah yang pertama di Indonesia.

Sehingga kedepan tidak boleh ada Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tanpa memiliki asesor yang punya sertifikasi asesor seperti yang selama ini dilaksanakan oleh oknum-oknum penyelenggara UKW, tegasnya, Minggu, (18/4/2021).

Salah satu yang lulus menjadi asesor kompetensi dari BNSP yakni Dedik Sugianto yang juga adalah ketua umum organsiasi kewartawan Sindikat Wartawan Indonesia (SWI).

“Di Indonesia telah ada asesor kompetensi BNSP-RI untuk profesi wartawan, itu suatu perkembangan positif untuk kehidupan pers di Indonesia. Dengan kehadiran asesor kompetensi untuk profesi wartawan ini diharapkan kualitas wartawan lebih meningkat”, ujarnya, Minggu, (18/4/2021) dikutip dari sindikatpost.com.

Dia menghimbau agar semua wartawan bisa mengikuti uji kompetensi wartwan di LSP (lembaga sertifikasi profesi) yang terverifikasi di BNSP, ujarnya. ( ff )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *