Bupati Humbahas Tinjau Temuan Piramida Toba di Baktiraja

Sebarkan Berita

Baktiraja (Humbahas), Focusflash.id-Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE meninjau Temuan Piramida Toba yang baru-baru ini viral di Media Sosial (2/10/2023) di Desa Marbun Toruan, Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbanghasundutan.

 

Pada kesempatan itu, Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE memerintahkan Kadis Pariwisata Jakkon Marbun, agar memberdayakan segala potensi yang ada guna mengelola Piramida Toba sehingga bisa menjadi salah satu objek wisata di Kabupaten Humbang Hasundutan.

 

Turut hadir bersama rombongan, Kadis PUTR Anggiat Simanullang, Kadis Pendidikan Jonny Gultom, Kadis Kominfo Batara Franz Siregar, Camat Baktiraja Sanggam Lumbangaol, Kepala Desa Marbun Tonga Rusman Marbun dan lainnya.

 

Sebelumnya, Profesor Riset dari Pusat Riset Kebencanaan Geologi di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Danny Hilman Natwidjaja mengungkap temuan Piramid Toba yang memiliki tinggi hingga 120 meter.

 

dijelaskan bahwa bentuknya seperti piramid, meskipun setengah bodi dia menempel ke bukit lapisan Toba tuff (batuan berpori hasil abu vulkanik) yang umurnya 74 ribu tahun, Mengenai potensi usianya sama dengan batuannya.

 

Danny juga menyinggung kemiripannya dengan Situs Gunung Padang, berumur sekitar 10 ribu tahun. Mengenai potensi usianya sama dengan batuannya, 74 ribu tahun, Danny mengaku masih meneliti itu. ((Jon Sianturi)

red-focusflash

dukung informasi ter-update

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *