Khenoki Waruwu-Sabahati Gulo Berpasangan pada Pemilukada Nias Barat Periode 2024-2029

Sebarkan Berita

Nias Barat, Focusflash.id – Situasi perpolitikan di Nias Barat sejak dua minggu terakhir cukup ramai. Sejumlah nama ramai diperbincangkan akan ikut meramaikan kontestasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) pada 27 November 2024 mendatang.

Pasca dimulainya tahapan penjaringan bakal calon Kepala Daerah oleh beberapa Partai Politik, dari sejumlah nama yang sebelumnya ramai diperbincangkan, hanya Khenoki Waruwu yang telah terang-terangan mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati Nias Barat Periode 2024-2029 melalui Partai Golkar, PDIP dan Demokrat.

Saat diwawancarai oleh sejumlah awak media mengenai siapa sosok pendampingnya sebagai bakal calon Wakil Bupati Nias Barat Periode 2024-2029, setelah mendaftar di DPD Partai Golkar, DPC PDIP dan Demokrat, Khenoki Waruwu pada saat itu hanya menjawab singkat mengatakan pasangannya masih menunggu petunjuk dari Tuhan yang Maha Kuasa.

Kini, teka-teki terkait sosok yang mendampinginya pada Pemilukada kedepan telah terjawab. Khenoki Waruwu telah memutuskan untuk berpasangan dengan Sabahati Gulo yang saat ini menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat.

“Saya berpasangan dengan Sabahati Gulo pada Pemilukada November mendatang,” jawab Khenoki Waruwu singkat saat dihubungi wartawan pada Sabtu (20/4/2024) malam.

Ketika ditanya partai yang mengusungnya pada Pemilukada kedepan, ia mengatakan bahwa hal tersebut ia percayakan pada mekanisme yang berlaku pada Partai. Namun ia optimis bahwa rencana pencalonannya kedepan tidak ada kendala.

“Kita percayakan pada mekanisme yang berlaku di Partai. Saya optimis proses pencalonan ini berjalan lancar, karena niat saya tulus untuk melanjutkan melakukan yang terbaik bagi daerah dan masyarakat Nias Barat,” ungkapnya dengan penuh keyakinan.

Sementara itu, Sabahati Gulo ketika dihubungi oleh wartawan melalui sambungan seluler, menyampaikan bahwa informasi yang telah sampai kepada wartawan benar adanya. Ia telah menyatakan kesediannya untuk mendampingi Khenoki Waruwu sebagai bakal calon Wakil Bupati pada Pemilukada yang akan datang.

“Benar, saya telah menyatakan kesiapan untuk berpasangan dengan Bapak Khenoki Waruwu pada Pemilukada Periode 2024-2029”, ungkap Sabahati Gulo.

Ketika ditanyakan terkait statusnya yang saat ini masih aktif sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat, ia mengatakan bahwa hal tersebut tidak menjadi kendala.

Ia tidak memiliki keraguan untuk mengundurkan diri sebagai ASN dan berpasangan dengan Khenoki Waruwu untuk melanjutkan kepemimpinannya sebagai Kepala Daerah di Nias Barat.

“Kita percayakan kepada Tuhan dan kita ikuti mekanisme yang berlaku. Saya tidak memikirkan sisa masa kerja saya sebagai ASN demi pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Sabahati Gulo yang baru pensiun 7 tahun lagi sebagai ASN.

Pasangan Khenoki Waruwu-Sabahati Gulo sebagai bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat Periode 2024-2029 dinilai sebagai pasangan yang ideal untuk memimpin Nias Barat kedepannya oleh tokoh masyarakat Nias Barat.

Khenoki Waruwu sebagai seorang politisi yang mengawali karir politiknya sebagai anggota DPRD sejak di Kabupaten Nias sebelum Kabupaten Nias Barat terbentuk hingga saat ini menjabat sebagai Bupati Nias Barat.

Sementara, Sabahati Gulo merupakan birokrat yang memiliki segudang pengalaman dan rekam jejak yang baik dan juga merupakan Alumni Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Angkatan 03.

Faduhusi Daely selaku tokoh masyarakat, kepada wartawan mengatakan bahwa Khenoki Waruwu dan Sabahati Gulo merupakan pasangan yang tepat karena merupakan perpaduan antara politisi dan birokrat yang sama-sama memiliki pengalaman dan rekam jajak yang baik.

“Khenoki Waruwu-Sabahati Gulo adalah pasangan yang tepat untuk memimpin Nias Barat. Perpaduan politisi dan birokrat yang sama-sama memiliki rekam jejak dan pengalaman yang tidak diragukan lagi. Dari pertimbangan kewilayahan, Khenoki Waruwu-Sabahati Gulo, merupakan representasi Dapil I dan Dapil II,” ungkap Faduhusi Daely yang pernah menjabat sebagai Pj. Bupati Nias Barat pertama dan Bupati Nias Barat Periode 2016-2021 ini.

Ketika ditanya mengenai rencananya untuk ikut pada kontestasi Pemilukada sebagai Bupati atau Wakil Bupati Periode 2024-2029, Faduhusi Daely mengatakan bahwa dirinya sudah mengambil keputusan untuk tidak mencalonkan lagi, baik sebagai Calon Bupati maupun Wakil Bupati Nias Barat.

“Saya sudah tua, tidak mungkin mencalonkan lagi. Kita beri kesempatan kepada yang masih muda. Khenoki Waruwu-Sabahati Gulo pasangan yang terbaik untuk Nias Barat saat ini”, ujarnya mengakhiri.

 

(B86)

red-focusflash

dukung informasi ter-update

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *