Bupati Humbahas Hadiri Langsung Rakernas Apkasi XV, Dibuka Oleh Wapres RI

Sebarkan Berita

 

Humbahas, focusflash.id-Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE menghadiri secara langsung Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV dan Otonomi Expo 2023 Kamis (20/7) yang digelar oleh Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia (Apkasi) di Nusantara Hall, ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

 

Kegiatan Rakernas XV APKASI dan APKASI Otonomi Expo 2023 dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Bpk. Ma’ruf Amin, didampingi oleh Menteri Dalam Negeri RI, Menteri Koperasi dan UMKM, Ketua KPK RI, Penjabat Gubernur Banten, Bupati Tangerang, dan Ketua Umum, Sekjen serta Bendahara Umum APKASI.

 

Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya menekankan bahwa bangsa Indonesia tidak lama lagi akan menghadapi pesta demokrasi, Pemilu dan Pilkada terbesar yang berlangssung secara serentak pada tahun 2024 dan paling kompleks dalam sejarah politik di Indonesia.

 

Wapres berharap pemimpin di kabupaten dan jajarannya sigap dalam menjaga stabilitas dan keamanan menjelang hingga pelaksanaan pemilu dan pilkada. Meningkatkan koordinasi dan antisipasi potensi kerawanan yang mungkin muncul agar Pemilu Tahun 2024 dalam berjalan lancar, sehingga Pemilu dan Pilkada menjadi proses lahirnya pemimpin-pemimpin yang transformatif, pemimpin yang akan mengelola penyusunan kebijakan negara dan daerah agar mendatangkan maslahat bagi rakyat.

 

Wapres juga mengharapkan pemimpin yang terpilih adalah pemimpin yang mampu menjaga komitmen dalam mendorong kemajuan otonomi daerah. Otonomi daerah dan desentralisasi adalah pilihan terbaik bagi negara dalam mengelola pemerintahan untuk mendekatkan pelayanan publik dan mendorong pembangunan daerah.

 

Sementara itu, Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mewakili teman-teman Bupati memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada Wapres KH. Ma’ruf Amin, bisa menghadiri dua acara penting Apkasi, yaitu membuka rakernas dan pameran Apkasi dan ini menjadi semangat tersendiri bagi kepala daerah yang terus berupaya keras untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

 

Sebagai bentuk peran dan fungsi Apkasi dalam memfasilitasi peningkatan kapasitas anggotanya, termasuk memfasilitasi kebangkitan perekonomian anggotanya, Apkasi telah melaksanakan sejumlah forum bisnis yang mempertemukan pemerintah daerah dengan para buyer dan investor potensial.

 

Selain itu,  Apkasi saat ini sedang merancang forum perdagangan antar daerah yang melibatkan asosiasi-asosiasi pengusaha untuk pemenuhan suplai dan demand di daerah. Tujuannya untuk menekan keran impor kebutuhan pokok dan mendukung program pemerintah dalam menstabilkan harga bahan pokok.

 

Sutan Riska juga mengatakan mewakili rekan-rekan kepala daerah yang tergabung dalam Apkasi memberikan apresiasi kepada Presiden dan Wakil Presiden berserta jajaran Kabinet Indonesia Maju yang telah memberikan komando dan arahan yang jelas kepada pemerintah daerah harus berbuat apa.

 

Pada kesempatan ini juga, Sutan Riska juga melaporkan selain rakernas, secara bersamaan digelar pameran komoditi dan investasi unggulan daerah yang diikuti 150 Pemerintah Kabupaten, 3 pemerintah provinsi, 2 kementerian,15 BUMN, 7 perusahaan nasional dan multinasional serta 30 UMKM yang menempati 248 stand. (Berbagai sumber/Jon sianturi)

 

red-focusflash

dukung informasi ter-update

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *