Unpam Kembali Gelar Kuliah Terbuka dan Webinar, Bahas Tentang Karya Tulis Ilmiah

Spread the love

Focusflash.id – Fakultas Teknik, Universitas Pamulang, kembali melakukan Kuliah Terbuka dan Webinar seri ke dua (Opern Lecture and Webinar Sabtu (30/5/2030). Kali ini tema yang diusung adalah Penulisan Karyatulis ilmiah bagi mahasiwa teknik.

Dekan Fakultas Teknik-MIPA, Syaiful Bakhri, PhD mengatakan, kuliah terbuka ini adalah sebagai wadah untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, baik soft skill dan sekaligus hardskill dalam penulisan KTI (karya tulis ilmiah).

“Kemampuan mahasiswa ini diharapkan dapat mengatasi berbagai hambatan sekaligus peningkatan kualitas penelitian selama kerja praktek dan tugas akhir,” kata Syaiful.

Syaiful menjelaskan, pihaknya mengusung tema tersebut, karena Unpam menyediakan kelulusan mahasiswa via jalur publikasi ilmiah, mahasiswa akan sangat terbantu dengan adanya acara ini.

“Karena, acara ini akan memberikan dasar-dasar ilmu yang tidak didapatkan langsung di kurikulum bangku kuliah,” jelasnya.

Selain itu, acara ini juga penting bagi institusi, karena publikasi karya tulis mahasiswa jadi parameter penting tuntutan pemeringkatan kemahasiswaan SIMKATMAWA dan akreditasi perguruan tinggi dengan sembilan standar kriteria.

“Penting bagi Unpam untuk meningkatkan kemampuan dan luaran mahasiswa ini untuk menyongsong visi 40 besar nasional. Kami berharap produk tugas akhir dan kerja praktek rekan-rekan mahasiswa dapat dipublikasikan di jurnal dan prosiding ilmiah,” harapnya.

 

Dalam kegiatan tersebut, mengahadirkan dua narasumber yang membidangi, yakni

Prof. Dr. Ratno Nuryadi Ketua Himpenindo (Himpunan Peneliti Indonesia) Tangerang Selatan, sekaligus peneliti senior di Pusat Teknologi Material, BPPT dan Heranudin MEng, PhD Candidate, Center for Medical Radiation Physics, School of Physics, Faculty of Engineering and Information Science, University of Wollongong, Australia

 

Dalam kesempatan itu, Prof. Dr. Ratno Nuryadi menjelaskan mengenai jenis jenis jurnal dan prosiding, seperti jurnal nasional, internasional, terakreditasi dan tidak terakreditasi. Ia menyarankan mahasiswa agar melihat portal SINTA RistekBRIN. Selain itu, pentingnya mempersiapkan dan melaksanakan riset yang sangat baik bagi mahasiswa agar hasilnya layak dipublikasikan.

 

“Rencana riset yang baik dilihat dari ide topik, konsep yang menarik, pemahaman literatur yang mendalam dan penerapan metodologi yg tepat. Saat rencana ini diimplementasikan dengan baik, dengan analisis yang baik, maka kualitas hasil tugas akhirnya layak untuk dipublikasikan,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, jika mahasiswa tertarik untuk mempublikasikannya dalam jurnal internasional, mahasiswa harus berhati-hati. Banyak jurnal prodator di luar negeri yang tidak mementingkan kualitas, mereka bisa menerbitkan jurnal secara instan tanpa melalui proses review dengan syarat membayar biaya yang sangat besar.

 

Sementara, Heranudin MEng, seorang peneliti di BATAN yang juga kandidat doktor di University of Wollongong Australia menjelaskan tentang pentingnya penelusuran Pustaka, untuk menemukan potensi dan rekomendasi untuk penelitian selanjutnya. Selain itu, Heranudin juga mencontohkan bagaiamana menghimpun informasi dari Pustaka ini menjadi referensi yang penting bagi dasar teori, metodologi bahkan pembahasan dalam karya tulis mahasiswa.

 

Rektor Unpam Dayat Hidayat mengucapkan terimakasih kepada fakultas Teknik yang sudah menyelenggarakan acara ini. Menurutnya, kemampuan menulis ilmiah adalah kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa, kemampuan ini jadi tuntutan di dunia kerja dimasa yang akan datang. Sebab, catatan ilmiah, kodifikasi dan lainnya akan menunjang prestasi masa depan sesorang.

 

“Mahasiswa harus menjadikan penulisan ilmiah menjadi kebutuhan. Selain itu rektor meminta agar kegiatan serupa diselenggarakan secara rutin karena tiap periode mahasiswa pasti membutuhkannya, dan harapannya ada luaran yang berkualitas, apalagi ada jalur kelulusan dengan membuat KTI dengan jurnal nasional maupun internasional. Mahasiswa tidak perlu menulis skripsi namun cukup dengan menerbitkan hasil penelitiannya di jurnal,” tukasnya.

 

Adapaun peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 1.247 orang yang terdiri dari berbagai program studi yakni Teknik Elektro 336 mahasiswa, Teknik Mesin 44 mahasiswa, Teknik Kimia 18 mahasiswa Teknik Industri 174 mahasiswa, Informatika 191 mahasiswa, Matematika 116 mahasiswa dan sisanya Magister Hukum, Hukum S1, Manajemen, Pendidikan Ekonomi, sastra, administrasi negara dan diikuti beberapa mahasiswa dari universitas lainnya seperti STKIP Sinar Cendekia, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Puangrimaggalatung Bone, Universitas Dian Nusantara (Undira), Universitas Muhammadiyah Tangerang, Universitas Tadulako, Sulawesi tengah, STT YUPPENTEK, IAIN Ternate, Okayama university, STMIK ERESHA Pamulang, Universitas Sriwijaya, palembang, Universitas Muhammdiyah Surakarta, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, STIMIK Muhamadiyah Paguyangan Brebes. Di akhir acara, panitia mendapatkan hasil evaluasi yang sangat positif dari peserta. lebih kurang 89% peserta menyatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat dan penyajiannya sangat baik, serta 84% mereka semakin yakin setelah acara bisa mulai menulis karya tulis ilmiah.(Aryw/Ban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *