Rumor Obat Kadaluarsa Yang Di Puskesmas Petir, Ini Penjelasan Dinas Kesehatan Kota Tangerang

Spread the love

Tangerang-focuflash.id.Mendengar kata obat Kadaluarsa pasti dalam benak kita terbersit pikiran obat tersebut merupakan obat yang sudah rusak, berbahaya dan langsung ingin dibuang ke tempat sampah.

Baru baru ini ramai di bahas oleh kalangan masyarakat tentang seorang balita berusia kurang lebih 1 tahun 2 bulan kejang kejang usai diberi obat Paracetamol oleh Puskesmas Petir kota Tangerang yang di duga sudah kadaluarsa.

Menurut para ahli, obat kadaluarsa alias obat expired date tanggal kadaluarsa atau Expired Date adalah tanggal terakhir dimana keefektifan dan keamanan suatu produk obat masih terjamin untuk dikonsumsi atau digunakan oleh konsumen.

Setelah tanggal tersebut, maka keefektifan dan keamanan obat tersebut sebagian besar akan berkurang sehingga disarankan untuk tidak dikonsumsi lagi.

Tanggal kadaluarsa telah ditentukan oleh industri farmasi, serta penulisan tanggal kadaluarsa sering ditulis seperti Exp atau ED” pada kemasan Obat.

Tanggal kadaluarsa bukanlah tanggal yang ditentukan oleh pemerintah maupun Kementrian Kesehatan , Balai POM dan lnstansi pemerintah lainnya dan tanggal ini juga tidak serta merta menjadi satu satunya acuan bahwa obat tersebut masih layak di konsumsi .

Perusahaan farmasi melakukan pengujian secara periodik terhadap efektifitas dan keamanan obat yang diproduksi nya.
Pengujian ini biasanya dilakukan dua sampai tiga kali dalam setahun, pengujian hanya dilakukan pada obat yang disimpan dengan cara yang tepat.

 

Apabila kemasan di obat hanya mencantumkan tanggal misalnya Agustus 2019 , artinya masih bisa digunakan sampai tanggal terakhir bulan Agustus 2019
Namun perlu diingat tanggal kadaluarsa bukan satu satunya patokan cara menyatakan obat tersebut masih layak digunakan atau tidak . Suatu Obat bisa saja rusak sebelum tanggal kadaluarsanya .

Contoh: -Tablet Terjadi perubahan pada warna, bau dan rasa, timbul bintik–bintik noda, lubang-lubang, pecah, retak, terdapat benda asing, menjadi bubuk dan lembab.

-Tablet Salut Terjadi perubahan salutan seperti pecah, basah, lengket satu dengan lainnya dan terjadi perubahan warna.

-Kapsul Cangkang kapsul menjadi lembek, terbuka sehingga isinya keluar, melekat satu sama lain, dapat juga melekat dengan kemasan.

– Puyer Terjadi perubahan warna, timbul bau, timbul noda bintik-bintik, lembab sampai mencair.

– Salep / Krim / Lotion / Cairan Terjadi perubahan warna, bau, timbul endapan atau kekeruhan, mengental, timbul gas, memisah menjadi 2 (dua) bagian, mengeras, sampai pada kemasan atau wadah menjadi rusak rusak.

Jika obat mengalami kondisi seperti diatas obat tersebut sudah tidak layak digunakan , walau pun belum memasuki tanggal kadaluarsa .

Selain itu ada juga istilah Beyond Use Date , yaitu masa pakai obat setelah obat tersebut dibuka segelnya dari kemasan aslinya .
Beyond Use Date adalah tanggal yang ditetapkan pada produk yang telah dibuka, dimana kondisi produk tersebut masih dalam rentang stabil dan masih dapat dikonsumsi.

Pada umumnya, istilah Beyond Use Date digunakan untuk obat yang telah dilakukan perubahan bentuk sediaan.

Oleh karena itu untuk menjamin obat tersebut aman dan masih layak digunakan maka penyimpanannya harus sesuai dengan petunjuk yang tertera dalam kemasan obat , apakah dalam suhu kamar ( 15-25°C ), suhu sejuk ( 8 – 15 °C) atau suhu dingin ( 2-8 °C).

Dari penjelasan Skretaris Dinas Kesehatan Kota Tangerang ,dr.Yusup,” pasien kejang bukan masalah obatnya tapi karena kondisi klinis pasien yang mempunyai ambang kejang jika terlampaui suhu nya. “Kita berharap kepada teman teman jangan gegabah dulu,” jelas dr. Yusup dalam keterangan nya. (14/05/2021)

Yusup menjelaskan,” kejang pada saat panas itu sering terjadi pada anak anak yang mengalami panas tinggi. Pihak keluarga juga sudah di informasikan dan di edukasi kan mengenai hal tersebut, setelah di tata laksana di IGD puskesmas Petir.

Isi edukasi tersebut tentang tata laksana setelah di berikan obat penurunan panas namun tidak mengalami penurunan suhu dan terjadi kejang maka segera bawa ke IGD Rumah sakit.

Mengenai ekspired date dapat di lihat di gogle untuk batas penggunaan obat yang masuk masa ekspired jika hanya tercantum bulan dan tahun, maka penggunaan obat masih dapat di gunakan sampai akhir bulan,” jelas dr.yusup. (TEAM 7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *