Roda Pemerintahan Khenoki-Era Era Tepat Satu Tahun Lamanya Diacungi Jempol Wujudkan Nias Barat Bersih, Unggul dan Maju

Sebarkan Berita

Kep. Nias_Nias Barat, Focusflash.id — Tepat satu tahun Khenoki Waruwu dan Dr. Era Era Hia, M.M., M. Si., menjalankan tugas sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat, Selasa (26/4/2022).

Selama satu tahun memimpin Nias Barat, walaupun dalam berbagai keterbatasan, Khenoki-Era Era telah berupaya mewujudkan sebagian Visi, Misi dan Program yang ditawarkan pada masa kampanye.

Sesaat setelah dilantik pada tanggal 26 April 2021 lalu, Bupati Khenoki Waruwu mengambil beberapa kebijakan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, di antaranya peluncuran Ambulance Soguna ba Zato secara gratis yang melayani 24 Jam. Kemudian di awal tahun 2022, sebagai wujud kepedulian kepada keluarga yang mengalami duka, Bupati Nias Barat memberikan santunan sebesar 2 juta rupiah tanpa membeda-bedakan status sosial.

Selain kedua program yang telah diluncurkan oleh pemerintahan Khenoki-Era Era, secara bertahap Visi, Misi dan Programnya telah menunjukkan hasil.

Untuk mewujudkan Misi Pertama, yaitu Membangun sistem manajemen pemerintahan daerah yang baik, transparan, profesional dan bersih dari suap/Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, Khenoki-Era Era telah melaksanakan peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan transparan, peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa, peningkatan disiplin Aparatur Sipil Negara dengan menggunakan NB- Presensi untuk pencatatan kehadiran pegawai dan pengangkatan pegawai pada jabatan yang dilakukan secara transparan sesuai prosedur dan kompetensi tanpa pungutan.

Kemudian, untuk mewujudkan Misi Kedua yaitu Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan daerah serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), diwujudkan melalui peningkatan tata kelola keuangan yang terintegrasi dan akuntabel , revitalisasi dan peningkatan pemanfaatan aset pemerintah daerah, pensertifikatkan tanah aset pemerintahan daerah dan tanah milik masyarakat berpenghasilan rendah.

Untuk mewujudkan Misi Ketiga yaitu Mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan di seluruh aspek kehidupan masyarakat, diwujudkan melalui peningkatan kualitas dan aksesibilitas pelayanan di bidang kependudukan, pelayanan registrasi dan penerbitan izin usaha secara online, perluasan jangkauan layanan telekomunikasi dan pengalokasian anggaran untuk hamba Tuhan.

Kemudian, untuk mewujdukan Misi Keempat, yaitu Mengembangkan ekonomi masyarakat berbasis agrominawisata (pertanian, perikanan, peternakan, pariwisata) dan ekonomi kreatif, pemerintah telah melaksanakan beberapa program yaitu pada sektor pertanian dan peternakan telah dilaksanakan pembangunan lumbung pangan sebanyak 2 unit, 2 unit Embung, 3 ruas jalan produksi, pembangunan DAM Parit 1 unit, pembangunan pekarangan Pangan Lestari sebanyak 7 unit , pemberian bantuan pupuk organik cair kepada kelompok tani, pembangunan 1 unit kandang, penyediaan 6 ekor induk dan 10 ekor bibit ternak babi.

Sementara disektor perikanan dan kelautan pada tahun 2021 pemerintah daerah telah menyediakan prasarana usaha perikanan tangkap berupa perahu nelayan diantaranya 0,5 GT sebanyak 4 unit perahu nelayan, 1-2 GT sebanyak 1 unit perahu nelayan , 2-3 GT sebanyak 2 unit, pengadaan alat penangkap ikan yang ramah lingkungan sebanyak 1 paket pengadaan sarana, pendukung (Fish Finder) sebanyak 7 buah dan pengadaan pakan ikan air tawar sebanyak 1 paket

Kemudian dalam rangka penataan dan pengembangan destinasi wisata unggulan pada tahun 2021 telah dilaksanakan MoU dengan Universitas HKBP Nommensen Medan dalam penyusunan studi kelayakan pengembangan pariwisata Luaha Humene.

Selain itu dalam rangka pembinaan desa wisata pada tahun yang sama juga telah dilakukan MoU dengan Universitas Sumatera Utara

Dan untuk mendukung penataan destinasi wisata pemerintah Nias Barat telah mendapatkan hibah lahan seluas 7 hektar, yang mana terdiri dari 5 hektar di Kecamatan Moro’o dan 2 hektar di Kamadu Desa Tetehosi Kecamatan Sirombu.

Selain itu juga, untuk melestarikan nilai-nilai budaya daerah Nias Barat di tahun 2021 dengan telah dibentuk Lembaga Budaya Nias Barat (LBNB) dan telah menghasilkan sebuah dokumen pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah (PPKD) yang difasilitasi oleh Ikatan Kerukunan Keluarga Besar Lahomi (IKKBL).

Sementara , melalui kegiatan pelestarian nilai-nilai budaya, khususnya Batik Daerah khas Nias Barat telah mendapatkan sertifikat pencatatan hak cipta dari Kementerian Hukum dan HAM yang diterima langsung oleh Bupati Nias Barat pada 13 April 2022 untuk mengembangkan potensi bakat.

Untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi , pada tanggal 1 sampai 5 Juni 2022 akan digelar Festival Pesona Aekhula (FPA), yang merupakan salah satu event pariwisata nasional yang masuk dalam 110 Kharisma event Nusantara 2022

Selanjutnya dalam rangka pembinaan dan peningkatan perekonomian masyarakat pemerintah daerah telah memberikan 7 unit modal transportasi roda empat ,melalui Bumdes dan Koperasi serta pemberian bantuan gerobak kepada para pedagang kaki lima.

Untuk mewujudkan Misi Kelima, yaitu meningkatkan pembangunan infrastruktur dasar (jalan, Jembatan gedung sekolah, Puskesmas, Rumah Sakit, instalasi air bersih), sepanjang tahun 2021 Pemda telah melaksanakan pembangunan jalan sepanjang ± 6,8 Km, 1 unit jembatan dan 2,1 Km bangunan pencegahan longsor berupa bronjong tembok penahan tanah dan parit.

Kemudian pada tahun 2022 pemerintah Khenoki – Era Era akan menyulap wajah Ibu kota Nias Barat melalui kegiatan pembangunan trotoar dan pemasangan lampu jalan sepanjang ± 3 Km.

Kemudian untuk menyediakan hunian yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau tidak mampu, pemerintah telah melakukan pembangunan baru rumah layak huni (bedah rumah) sebanyak 26 unit dan peningkatan kualitas rumah tidak layak huni (rehabilitas rumah) sebanyak 60 unit . Program ini akan berkelanjutan di Tahun 2022 sebanyak 472 unit.

Dalam rangka penyehatan lingkungan perumahan dan pemukiman penduduk telah dilaksanakan pembangunan sarana sanitasi dalam bentuk tangki septik komunal (5-10 KK), sebanyak 15 lokasi dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 2.100 jiwa dan pengelolaan sistem pengelolaan air limbah dosmetik domestik terpusat (SANIMAS) sebanyak 2 lokasi dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 633 jiwa, progran ini akan berkelanjutan pada tahun 2022

Selain pembangunan infrastruktur tersebut atas usulan dan permintaan Bupati Nias Barat kepada Gubernur Sumatera Utara pada Tahun 2022 ini akan dilakukan pembangunan jembatan sungai Oyo Mandrehe dengan ± lebih Rp25 Miliar dari APBD Provinsi Sumatera Utara dan untuk penyediaan air bersih di ibu kota Nias Barat PDAM Tirtanadi akan membangun sarana air bersih secara bertahap mulai Tahun 2022

Untuk meningkatkan aksesibilitas Pendidikan di tahun 2021 pemerintah telah membangun 33 unit ruang kelas baru, ruang guru dan kepala sekolah, ruang perpustakaan, laboratorium komputer dan rumah dinas guru serta pembangunan area bermain pada satuan PAUD/TK, SD dan SMP, sedangkan di bidang kesehatan tahun 2022, akan dibangun 1 unit lagi rumah sakit Pratama di Desa Lologolu Kecamatan Mandrehe.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan daya saing daerah pemerintah telah membangun dan mengembangkan beberapa aplikasi sebagai inovasi baru dalam pelayanan antara lain, E-SPPD, NB Presensi, Simpeg, NB lapor, NB 119, NB-Sihar, SIPMASS dan Aplikasi Lahnikmat.

Kemudian untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia aparatur dan masyarakat dilakukan melalui pendidikan, kesehatan dan pembinaan olahraga serta melakukan kerjasama dengan Universitas Terbuka (UT) perihal pendirian Sentral layanan UT (SALUT)

Sementara di bidang kesehatan selain meningkatkan kualitas layanan kesehatan pemerintah secara konsisten mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat Nias Barat, meningkatkan sumber daya manusia yang unggul di bidang olahraga Pemkab Nias Barat melalui pengurus Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Nias Barat menjadi tuan rumah pertandingan bola voli zona 5 Kepulauan Nias pada 7- 12 Juni 2022 mendatang.

Selama satu tahun kepemimpinan Khenoki – Era Era, telah menunjukkan hasil yang maksimal hal itu terbukti dari diperolehnya beberapa penghargaan dan apresiasi diantaranya:

Sebagai Kabupaten peringkat pertama penyaluran BLT Dana Desa tahun 2021 dari KPPN Gunungsitoli
Sebagai Kabupaten terbanyak pensertifikatan tanah aset pemerintah daerah dari Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional.
Sebagai Kabupaten inovatif kedua di Sumatera Utara pada penilaian inovasi daerah oleh Kementerian Dalam Negeri.
Sebagai Kabupaten terbaik ketiga realisasi anggaran belanja Tahun Anggaran 2021 dari Gubernur Sumatera Utara
Penghargaan kepada Bupati Nias Barat sebagai tokoh panutan dalam rangka peningkatan kepatuhan penyampaian SPT tahunan pajak penghasilan orang pribadi tahun 2021 di wilayah Kepulauan Nias dari Kakanwil DJP Sumatera II , dan
Apresiasi dari Perwakilan Provinsi Sumatera Utara atas penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2021 tercepat sejak Nias Barat terbentuk.
Atas capaian kerja dan penghargaan tersebut Khenoki-Era Era menyadari tanpa dukungan dari semua pihak terkhusus masyarakat hal ini tidak akan mungkin terwujud. Oleh karena itu keduanya terus meminta dukungan dan doa dari masyarakat agar selama masa kepemimpinan mereka dapat bekerja dan berbuat lebih baik lagi, terlebih-lebih menjadi pemimpin yang mampu bekerja dengan tulus dan ikhlas, mewujudkan Nias Barat yang Bersih, Unggul dan Maju demi Soguna ba Zato (Pemerintah Pro Rakyat).

(AN/DKF)

red-focusflash

dukung informasi ter-update

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *