Puluhan Personel Polisi Lakukan Pengamanan Kepulangan Jamaah Haji

Spread the love

Kota Serang – Focusflash.id – Kepolisian Resor Serang Kota Polda Banten menurunkan Puluhan personelnya untuk melakukan pengamanan kepulangan jamaah haji asal Kabupaten Serang.

Sejumlah 393 orang jemaah haji yang merupakan kloter 12 dan datang menggunakan 8 bus tersebut disambut langsung oleh petugas bersama dengan para keluarga penjembut di Pendopo Bupati Serang. Senin malam (26/08/2019).

Kabagops Polres Serang Kota Polda Banten Kompol Abul Mafahir, SH. selaku Koordinator  Pengamanan mengungkapkan, sedikitnya 43 personel Polres Serang Kota dan Polsek Jajaran dibantu dari Personel Dishub Kabupaten serang dan Satpol PP Kabupaten Serang dikerahkan untuk membantu pengamanan. 

Hal tersebut mengacu pada analisa dan evaluasi (Anev) pengamanan serupa tahun sebelumny “Jumlah keluarga penjemput cukup banyak. 

Jadi personel yang diturunkan menyesuaikan dengan tingkat kerawanan gangguan Kamtibmas sebagaimana rencana pengamanan yang telah dibuat.” Jelas Kompol Abul.

Kabagops menuturkan, personel pengamanan dibagi dalam 3 ring dan 2 Lokasi. Ring pertama berada dilokasi penjemputan yakni area seputar halaman Pendopo Bupati Serang. 

Tugasnya adalah pengamanan terhadap jemaah haji, serta sterillisasi jalur dan lokasi parkir bus jemaah dihalaman Pendopo Bupati Serang.

Ring kedua berada diluar Kantor/Pendopo Bupati serang, bertugas melakukan pengaturan lalu lintas dan lokasi parkir serta jalur penjemput jemaah. 

Sedangkan ring tiga melakukan pengamanan rute keberangkatan dan kepulangan penjemput dari masing-masing kecamatan menuju lokasi dan sebaliknya serta pengamanan lokasi pengambilan koper jamaah yang berada di gedung kantor Kemendag Kab.Serang. 

“Selain itu kami turunkan juga patroli mobiling dari personel tertutup Satintelkam dan Satreskrim untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan Kamtibmas berupa kejahatan atau kriminalitas dan pengawalan rombongan dari asrama haji Pondok Gede Jakarta menuju Serang.” Pungkas Kompol Abul.

Tahun ini, jemaah haji asal kabupaten Serang berjumlah 1109 orang yang terbagi menjadi 5 kloter. Kloter 12 sejumlah 393 orang, kloter 16 sebanyak 393 orang, kloter 48 sebanyak 223 orang, kloter 59 sebanyak 78 orang dan Kloter 64 sebanyak 22 orang. 

Editor : Aji Wahyu
Wartawan : Engkos 
Sumber : TP/HUMAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *