PGIW Banten Sepakat Pelaksanaan Ibadah Isa Al Masih Dilaksanakan Usai Sholat Idul Fitri

Spread the love

Hormati Umat Islam, Umat Gereja di Banten Akan Laksanakan Ibadah Kenaikan Isa Al Masih Usai Sholat Idul Fitri

SERANG, – Hari Raya Idul Fitri 1442 H bertepatan dengan hari Kenaikan Isa Al Masih yang jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021. Karena jatuh di hari bersamaan, umat Kristiani mengedepankan sikap menjaga kerukunan umat beragama di Provinsi Banten.

 

Dalam rangka menjaga toleransi umat beragama, Persekutuan Gereja-gereja Indonesia Wilayah Banten (PGIW Banten) sepakat kegiatan ibadah Kenaikan Isa Al Masih akan dilaksanakan seteleh selesai ummat Islam melaksanakan Sholat idul Fitri.

Pdt. Benny Halim dari Gereja Kristen Indonesia (GKI) Serang mengatakan, jamaah Gereja-gereja di Kota Serang sepakat akan melaksanakan Ibadah Kenaikan Isa Al Masih usai Sholat Idul Fitri.

Umat Gereja Di Banten

“Kami juga mengacu pada Surat Edaran (SE) Menteri Agama (Menag) Nomor 08 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Peringatan Kenaikan Isa Al Masih, yakni melaksanakan ibadah dengan tetap merapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, dan Lansia serta Anak-anak tidak boleh datang untuk ibadah di Gereja, tetapi online di rumah. Jamaah harus 50 persen dari kapasitas Gereja,” tutur Pdt. Benny Halim melalui siaran persnya yang diterima media ini, Selasa, 11 Mei 2021.

Hal senada disampaikan Pdt. Pandiangan dari Gereja Bethel Indonesia (GBI). Ia menjelaskan, PGIW Banten memberikan imbauan agar pelaksanaan ibadah Isa Al Masih dilaksanakan usai sholat Idul Fitri.

“Hal tersebut agar umat muslim dan umat kristiani tidak saling terganggu saat beribadah. Terpenting untuk menjaga tolerasi dan kedamaian di Banten,” pungkasnya.

“Dalam imbaun tersebut juga disampaikan, untuk Gereja-gereja maupun rumah ibadah lainnya di Provinsi Banten agar melaksanakan ibadah Isa Al Masih usai Sholat Idul Fitri dan Pedoman SE Meteri Agama Nomor 08 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Peringatan Kenaikan Isa Al Masih,” tutupnya. (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *