Menpora, Membuka Secara Resmi Rakernas Pemuda Katolik

Sebarkan Berita

Minahasa Utara, Focusflash.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka Rapat Kerja (Rakernas) Pemuda Katolik 2022. Ratusan kader Pemuda Katolik di seluruh Indonesia, hadir dalam pembukaan Rakernas di Hotel Sutanraja, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Jumat (27/05/2022).
“Selamat mengikuti Rakernas para kader Pemuda Katolik. Semoga menghasilkan karya-karya nyata bagi Gereja dan Tanah Air. Saya juga mengapresiasi prinsip-prinsip organisasi Pemuda Katolik yang mengikuti perkembangan zaman,”ujarnya.

Menpora menyinggung soal tema Rakernas Pemuda Katolik yang membahas akselerasi organisasi berbasis potensi sumber daya kader menuju komitmen Reborn and Grow Further. Menurutnya, tema ini ideal untuk pergerakan organisasi di era digital ini. Ia mengambil contoh program yang telah dijalankan Pemuda Katolik.

“Seperti kerja sama dengan BP2MI untuk membantu para pekerja imigran, program bersama BKKBN dalam mengatasi stunting dan pengelolan Pertashop yang dirancang bersama Pertamina,”jelasnya.

Amali memberi apresiasi hadirnya media pendamping organisasi Pemuda Katolik, Nusantaraaktual.com yang menjadi wujud nyata transformasi organisasi di era digital. Media ini akan membantu informasi dan publikasi berbagai kegiatan organisasi sehingga nantinya muncul tokoh-tokoh baru Katolik, seperti Harry Tjan Silalahi, Cosmas Batubara, Frans Seda dan lainnya.

“Ini adalah contoh pengelolaan organisasi modern, terjun langsung mengatasi berbagai persoalan bangsa. Juga memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk mengenalkan organisasi kepada masyarakat luas sehingga para kader semakin dikenal masyarakat Indonesia,”pungkasnya.

Dalam pembukaan Rakernas ini hadir juga Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven OE Kandouw, Uskup Manado Mgr Rolly Untu, MSC, perwakilan dari Bupati Minahasa Utara, serta sejumlah Organisasi Kemasyarakatan Pemuda seperti Pemuda Muhamadiyah, Ansor, WKRI, Vox Point, dan tokoh masyarakat lainnya.

Wagub Kandouw mengatakan, atas nama Gubernur Olly Dondokambey dan masyarakat Sulawesi Utara menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta Rakernas Pemuda Katolik di Bumi Nyiur Melambai.

“Saya atas nama Bapak Gubernur menyampaikan selamat datang seluruh peserta Rakernas. Saya yakin Rakernas Pemuda Katolik bisa merumuskan hal strategis untuk kemajuan bangsa kedepan, dan bisa dikontribusikan kepada masyarakat luas,”ucapnya.

Disamping itu, Wagub mengajak Pemuda Katolik cakap digitalisasi dan harus punya digital mind.

“Kita tahu bersama bahwa dalam kemajuan bangsa ini peran Pemuda Katolik juga cukup besar, maka dari itu harapan saya supaya Pemuda Katolik bisa mengutamakan hal-hal yang baru, dan itu harus diutamakan,”tandasnya.

Sementara itu, Uskup Manado mengingatkan para kader agar tetap berpegang teguh pada Tri Prasetya Pemuda Katolik yang taat kepada pimpinan Gereja dan negara, memperjuangkan kepentingan Gereja dan negara, serta mengutamakan persatuan, kekeluargaan dan toleransi.

“Pemuda Katolik secara institusional bernafaskan doktrin Gereja. Maka seperti sifat Gereja Pemuda Katolik harus terbuka pada semua orang terlebih terbuka dan berani membela mereka yang kecil, miskin dan tak berdaya,” harap Mgr. Rolly.

Uskup Rolly berharap dalam wadah Pemuda Katolik bisa bertumbuhnya kader-kader muda yang profesional, terlatih, dan berintelektual agar dapat memajukan Gereja dan Tanah Air.

Pemuda Katolik Komcab Nias Barat turut ikut dalam acara tersebut lewat zoom metting.

(AN)

red-focusflash

dukung informasi ter-update

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *