Kadis PMD Kabupaten Nias Barat Hadiri Pelaksanaan Pemutakhiran Data IDM/SDGs Dan Sosialisasi eHDW Kecamatan Mandrehe

Sebarkan Berita

Nias Barat, Focusflash.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Nias Barat didampingi oleh Camat Mandrehe Farianus Gulo, S.Pd., M.M dan Kabag Hukum Hedwig Samitro Gulo, S.H., M.M menghadiri Kegiatan Pemutakhiran Data IDM/SDGs dan Sosialisasi eHDW tingkat Kecamatan Mandrehe yang dilaksanakan di RPJ Beach Sirombu. Kegiatan tersebut diikuti oleh 20 Desa se-Kecamatan Mandrehe yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Operator dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) masing-masing Desa, Kamis (6/6/2024).

Dalam arahanya, Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias Barat mengapresiasi Kegiatan Pemutakhiran Data IDM/SDGs dan Sosialisasi eHDW yang dilaksanakan oleh Kecamatan Mandrehe dimana sangat diharapakan memberikan dampak yang signifikan dalam penginputan data yang benar dan valid melalui aplikasi yang tersedia.

“Kegiatan ini sangat kami apresiasi, terimakasih kepada Bapak Camat Mandrehe yang telah memfasilitasi kegiatan ini yang tentunya didukung oleh seluruh Bapak/Ibu Kepala Desa se-Kecamatan Mandrehe. Kami berharapa seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik hingga hari ke-2 sehingga semua materi yang disampaikan oleh Narasumber dapat benar-benar bermanfaat untuk menyukseskan pekerjaan-pkerjaan kita di masing-masing desa”, ungkapnya

Ditempat terpisah, Camat Mandrehe Farianus Gulo, S.Pd., M.M kepada wartawan menyampaikan bahwa seluruh Desa di Indonesia didorong untuk terus memutakhirkan data agar penerapan Sustainable Development Goals (SDGs) di tingkat desa dapat tercapai sesuai target. Data yang sangat penting untuk dijadikan landasan agar pembangunan di Desa benar-benar sesuai dengan kebutuhan capaian SDGs Desa.

Selain itu, Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan indeks komposit yang dibentuk dari tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi, dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan. Nilai IDM yang semakin tinggi menunjukkan kondisi desa yang semakin baik dari segi sosial, ekonomi, dan ekologi.

Selanjutnya, ia menjelaskan bahwa Aplikasi eHDW merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Desa PDTT dengan dukungan Bank Dunia untuk membantu melakukan perencanaan, pelaksanaan, serta pengendalian (monitoring dan evaluasi) terhadap pelaksanaan program konvergensi stunting di tingkat desa.

“Kita berharap melalui kegiatan ini, SDM aparatur di Desa yang merupakan lini terdepan dalam pelayanan kepada masayarakat dapat meningkat serta data-data yang disampaikan menjadi valid dan terupdate sesuai kondisi real di desa masing-masing”. Terangnya mengakhiri.

Folo’o Gulo, S.Pd Kepala Desa Fadorobahili yang juga salah seorang peserta, menyatakan bahwa sangat antusias mengikuti kegiatan Pemutakhiran IDM/SDGs serta Sosialisasi Aplikasi eHDW ini mengingat sangat bermanfaat bagi desa dalam menyelesaikan tugas pendataan profil desa dengan indeks yang sangat terinci sesuai dengan data dilapangan.

“Tentunya kami selaku kepala desa sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena outputnya akan menghasilkan data yang valid dan akurat di masing-masing desa yang diverifikasi secara baik oleh masing-masing pihak yang berkompeten. Harap kiranyan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara kontinyu setiap tahun dimasa yang akan dating”. Imbuhnya mengakhiri.

Pantauan awak media, pelaksanaan Kegiatan Pemutakhiran Data IDM/SDGs dan Sosialisasi eHDW ini dilksanakan di Aula RPJ Beach Siormbu berjalan dengan baik dan lancar, terlihat peserta sangat antusias mengikuti setiap pemaparan dari narasumber dan pemateri.

Kegiatan ini selain Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias Barat, turut dihadiri oleh Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Nias Barat, Camat Mandrehe, Sekcam, Kasi/Kasubbag, Tenaga Ahli Pendamping bersama PD/PLD, Kepala Desa serta aparat dari 20 Desa se-Kecamatan Mandrehe dan Panitia Pelaksana kegitanPemutakhiran Data IDM/SDGs Dan Sosialisasi eHDW Kecamatan Mandrehe

red-focusflash

dukung informasi ter-update

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *