Ini Juaranya! Sukses di Gelar, Final dan Penutupan Turnamen Sepakbola Bupati Nias Cup 2023

Sebarkan Berita

Nias Barat – Focusflash.id – Pelaksanaan Open Turnamen Sepakbola Bupati Nias Barat Cup Tahun 2023 yang telah berlangsung selama 4 bulan sejak 7 Mei 2023, secara resmi ditutup oleh Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu pada Minggu (3/9/203) di Tribun Lapangan Bola Kaki Tetesua Sirombu.

Acara Seremonial Penutupan berlangsung meriah dengan penampilan Sanggar Tari Aekhula yang telah tampil di Istana Merdeka, Komunitas WOW dan beberapa artis lokal menghibur kurang lebih 20 ribu orang penonton yang hadir menyaksikan langsung pertandingan grand final di lapangan bola Tetesua.

Sebelum Pertandingan Final antara kesebelasan Kami Ada FC dengan Persibar FC digelar, Bupati Khenoki Waruwu menyampaikan bahwa pelaksanaan open turnamen sepak bola terakbar di Kepulauan Nias ini merupakan wujud nyata keseriusan Pemerintah Kabupaten Nias Barat dalam pembinaan Pemuda dan Olahraga.

“Tidaklah berlebihan, apabila kita mengklaim bahwa saat ini, Nias Barat telah menjadi barometer pembinaan dan pengembangan keolahragaan khususnya olahraga sepak bola di Kepulauan Nias,” ujar Khenoki Waruwu melalui sambutannya pada acara penutupan turnamen.

“Hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan pemerintah Kabupaten Nias Barat dalam menyelenggarakan turnamen sepak bola ini dan keberhasilan pembinaan klub-klub sepak bola di Kabupaten Nias Barat, dimana kita saksikan bersama bahwa ke empat klub yang lolos pada final Bupati Nias Barat Cup Tahun 2023 ini adalah semuanya berasal dari Kabupaten Nias Barat”, lanjut Bupati Khenoki Waruwu.

Bupati Nias Barat juga mengatakan bahwa penyelenggaraan turnamen ini mendukung salah satu tujuan pembangunan nasional yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia, yang meliputi peningkatan kualitas mental dan fisik, agar ke depannya kita memiliki generasi muda yang memiliki SDM berkualitas, fisik yang sehat, tangguh, tumbuh, berdaya dan berhasil guna.

Selain itu, pelaksanaan turnamen ini diharapkan menjadi ajang promosi pariwisata di Nias Barat dan memberikan dampak peningkatan ekonomi masyarakat selama pelaksanaan turnamen.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara, para wasit yang memimpin pertandingan, para sponsor, pihak keamanan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan PAM Internal serta semua pihak yang telah terlibat dan berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan ini, sejak awal hingga pada hari ini, terlebih-lebih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung dan menjaga kondusifitas selama turnamen.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Nias, Firman Jaya Daely, SH melalui sambutannya mengatakan bahwa turnamen sepak bola yang dilaksanakan bukan sekedar pertandingan untuk mencari juara, tetapi melalui olahraga sepak bola diharapkan dapat membangun kesadaran dan menumbuhkan sportifitas, membangun persaudaraan untuk memajukan Nias Barat, Pulau Nias dan Indonesia.

“Pertandingan olahraga ini merupakan alat untuk membangun persaudaraan sejati, persahabatan abadi untuk bergotongroyong membangun Nias Barat, membangun dan memajukan Pulau Nias, membangun Indonesia secara bersama-sama melalui olahraga,” ungkap Firman Jaya Daely.

Hal senada diungkapkan Dandim 0213/Nias Letkol Inf. Torang Parulian Malau melalui sambutannya mewakili Forkopimda, bahwa olahraga sepakbola yang dilaksanakan merupakan wadah persaudaraan yang diharapkan mampu menyatukan berbagai perbedaan. Iapun berharap agar para penonton dan supporter kedua klub yang tampil di grand final dapat menjaga ketertiban dan kondusifitas sebagai wujud persaudaraan.

Setelah acara seremonial penutupan Turnamen Sepak Bula Bupati Nias Barat dilanjutkan dengan pertandingan Grand Final yang dimenangkan Kami Ada FC dengan skor telak 5:0 atas Persibar FC.

Turnamen Bupati Nias Barat Cup 2023 diakhiri dengan penyerahan medali dan hadiah Kejuaraan dan penyerahan medali kepada Wasit, Pemain Terbaik, Top Skorer, Klub Terbaik.

Berikut hasil Kejuaraan dan hadiah yang diraih pada Open Turnamen Sepak Bola Bupati Nias Barat Cup Tahun 2023:

1. Juara I Kami Ada FC mendapatkan Tropi dan Uang Pembinaan sebesar 75 juta rupiah.
2. Juara II Peesibar FC mebdapatkan Tropi dan Uang Pembinaan sebesar 60 juta rupiah
3. Juara III Kec. Moroo FC mendapatkan Tropi dan Uang Pembinaab sebesar 30 juta rupiah
4. Juara IV Talifoso FC mendapatkan Tropi dan Uang Pembinaan sebesar 20 juta rupiah.
5. Pemain Terbaik diraih Karyo dari Talifuso FC, mendapatkan Plakat dan Uang Pembinaan sebesar 5 juta rupiah
6. Top Skorer diraih oleh Bayu Trisanjaya dari Moro’o FC dan Titus dari Somea FC, mendapatkan Plakat dan Uang Pembinaan masing-masing 2.5 juta rupiah
7. Tim Fair Play diraih Klub PSAM dari Kota Gunungsitoli, mendapatkan Plakat dan Uang Pembinaan sebesar 5 juta rupiah

(B86)

red-focusflash

dukung informasi ter-update

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *