Cegah Penyebaran Covid-19, Mahasiswa UNPAM membuat Hand Sanitizer Otomatis melalui PKM

Spread the love

Suararepublik.news – Sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19), Beberapa Dosen & Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Pamulang melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pelatihan Hand Sanitizer Otomatis untuk mencegah COVID-19 dan Santunan Yatim Dhuafa yang terdampak COVID-19 di Bulan Ramadhan 1441 H di Mushola Al Ikhlas, Jl. H. Rean Rt 007/05, Kelurahan Benda Baru, Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kegiatan PKM merupakan salah satu program Unpam yang selalu dijalankan oleh mahasiswa yang sudah menginjak semester 5 dengan tujuan untuk menginplementasikan ilmu pengetahuan mahasiswa yang didapat selama dalam belajar di Perguruan Tinggi. Selain itu, sekaligus sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, terutama di bidang kelistrikan.

 

Salah seorang Dosen Pembimbing PKM, Marfin, S.T., M.T. mengatakan, kegiatan membuat Hand Sanitizer otomatis tersebut berangkat dari melihat situasi pandemi COVID-19 yang melanda berbagai belahan dunia termasuk Indonesia yang menuntut segala pihak untuk terus melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran penyakit COVID-19.

 

“Oleh karena itu, kita berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus corona yang mematikan itu dengan membuat suatu alat Hand Sanitizer otomatis. Jadi

alat ini nantinya akan mengeluarkan cairan secara otomatis tanpa harus bersentuhan. Cukup mendekatkan tangan ke arah mulut semprotan, maka cairan sanitizer akan keluar secara otomatis,” jelasnya saat diminta keterangan Jum’at (15/5/2020).

Lebih lanjut, Marfin mengatakan, selain membuat alat Hand Sanitizer otomatis, pihaknya juga melakukan santunan yatim-piatu dan dhuafa yang terdampak COVID-19 berupa sembako dan uang tunai.

“Disini kita melakukan kegiatan santunan untuk meringankan beban yatim dan kaum dhuafa yang terdampak COVID-19, semoga bermanfaat dan bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan pokok selama pendemi virus corona,” jelasnya.

Lebih lanjut, Marfin berharap kepada para mahasiswa yang dibimbingnya setelah kegiatan PKM ini selesai, mereka bisa mengembangkan alat yang sudah dibuat dan mensosialisasikan ke tempat-tempat yang lain untuk mencegah penularan COVID-19.

 

Sementara, Ketua DKM Mushola Al Ikhlas Benda Baru, Ustadz Aceng mengucapkan terimakasih kepada dosen dan mahasiswa UNPAM yang telah peduli terhadap kebutuhan masyarakat saat ini, semoga ilmunya dapat bermanfaat sepanjang masa dan menghantarkan mereka menjadi orang yang sukses dan bermanfaat bagi negara.

 

“Dengan adanya alat ini, kami sangat terbantu, terimakasih banyak kepada Dosen dan mahasiswa atas kepedulian dan perhatiannya kepada masyarakat, ini sangat bermanfaat buat kami, kami dipermudah untuk membersihkan tangan kami agar terhindar dari virus corona, insaallah kami akan menjaga dan merawat Hand Sanitizer otomatis ini. Dan terimakasih juga atas santunannya, semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” tutupnya. (B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *