Bupati Nias Barat Membuka Pelaksanaan Rakor Pendidikan Kabupaten Nias Barat

Sebarkan Berita

Barat, Focusflash.id – Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, menghadiri dan membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Pendidikan yang dilaksanakan di Hall Tokosa, Onilimbu Kecamatan Lahomi pada Jum’at (12/5/2023).

Selain dihadiri Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, Rakor Pendidikan dimaksud, dihadiri Wakil Bupati Dr. Era Era Hia, Sekretaris Daerah Sozisokhi Hia, SH., MM, para Asisten, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala OPD lainnya, Pejabat Administrator, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah PAUD, SD dan SMP dan Operator Sekolah se Kabupaten Nias Barat.

 

Melalui sambutannya, Bupati Khenoki Waruwu mengatakan bahwa Pendidikan merupakan salah satu cara yang dapat merubah nasib bangsa menjadi lebih baik, dan untuk mewujudkannya dibutuhkan kerjasama antara pemeriantah, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya.

 

“Program pencerdasan kehidupan bangsa bukanlah hanya tugas pemerintah semata, tetapi tugas bersama antara pemerintah, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya, guna menjadikan anak bangsa menjadi insan-insan yang cerdas dan memiliki wawasan yang luas akan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ungkap Bupati Khenoki Waruwu.

 

Menyadari pentingnya Pendidikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan sumber daya manusia dan taraf hidup masyarakat, maka pemeritah Kabupaten Nias Barat di bawah kepemimpinan Bupati Khenoki Waruwu,  menempatkan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan sebagai salah satu program unggulan pemerintah daerah.

 

“Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan sebagai salah satu program unggulan pemerintah daerah sebagai penjabaran dari misi ketujuh RPJMD Nias Barat Tahun 2021-2026, yaitu Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur dan Masyarakat yang Lebih Maju,” jelas Bupati Khenoki Waruwu.

 

Lebih lanjut Bupati Khenoki Waruwu mengatakan bahwa perhatian dan kebijakan pemerintah untuk memajukan bidang Pendidikan saat ini sudah cukup baik. Mulai dari pengalokasian anggaran minimal 20 persen dari APBD,peningkatan kesejahteraan guru dan pemenuhan sarana prasarana pendukung di bidang Pendidikan.

 

Ia berharap agar perhatian dan kebijakan pemerintah tersebut, dapat menjadi motivasi bagi para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk lebih giat lagi melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, sehingga tujuan pendidikan untuk melahirkan sumber daya manusia yang cerdas dan berkualitas dapat tercapai.

 

Pada kesempatan itu, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu berharap kiranya pelaksanaan Rakor Pendidikan dimaksud, menjadi wadah untuk mengevaluasi capaian pelaksanaan program kegiatan dan mengidentifikasi berbagai isu dan permasalahan serta solusi yang diperlukan untuk perbaikan pelaksanaan program kegiatan di bidang Pendidikan.

 

“Jadikan Rakor ini sebagai wadah untuk mengevaluasi capaian pelaksanaan program kegiatan dan mengidentifikasi berbagai isu dan permasalahan serta solusi yang diperlukan terkait Pendidikan.  Tingkatkan koordinasi dan kerjasama dengan semua pihak, untuk bersama-sama memajukan pembangunan bidang pendidikan, agar masyarakat Nias Barat semakin maju dan sejahtera,” harap Bupati Nias Barat.

Selanjutnya, kepada guru-guru Ia berpesan agar meningkatkan kemampuan dan kompetensinya serta lebih lebih adaptif terhadap perkembangan kebijakan pendidikan yang cukup dinamis, seperti halnya  penerapan kurikulum merdeka belajar dan penyesuaian dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang cupup pesat.

 

“Para tenaga pendidik diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensinya dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Menjadi teladan dan panutan di lingkungan dimanapun berada. Adaptif terhadap kebijakan di bidang pendidikan yang dinamis dan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang cukup pesat. Bijak bermedia sosial, jadikan sebagai sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta sarana untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan di bidang pendidikan. Bukan sebaliknya, dimanfaatkan untuk menyebarkan berita hoax, ujaran kebencian dan lain sebagainya,” pesan Bupati Khenoki Waruwu kepada para Guru.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Nias Barat menyampaikan pesan kepada peserta Rakor agar menyukseskan agenda Nasional pada tahun 2024, yaitu pesta demokrasi Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah.

“Sukseskan agenda Nasional pada tahun 2024, yaitu Pemilu pada bulan Februari 2024 dan Pilkada pada bulan November 2024. Sebagai warga Negara yang baik, gunakan hak pilih Anda, jangan golput. Dan sebagai ASN, saya ingatkan agar tetap menjaga netralitas,” pesannya kepada peserta Rakor.

 

(B86).

red-focusflash

dukung informasi ter-update

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *