Bupati Nias Barat : Lanjut Memonitoring dan Mengevaluasi Hasil Capai Penanganan Desa Bermasalah Lainnya

Spread the love

Kep. Nias_Nias Barat, Focusflash.id — Lanjutan monitoring dan evaluasi penanganan desa bermasalah di Kabupaten Nias Barat. Hari ini bupati Nias Barat bapak Khenoki Waruwu turun di kecamatan Sirombu untuk menangani 4 desa bermasalah, yang dilaksanakan di Kantor Camat Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Selasa (13/7/2021).

Kali ini giliran desa Tugala, Desa Tegideu, Desa Imana dan Desa Lahawa diundang di kantor Camat Sirombu untuk memperjelas serta ditawarkan alternatif penyelesaian terhadap permasalahan yang tengah dihadapi.

 

“24 Desa yang sudah masuk pada kategori bermasalah bukan dalam arti 24 desa tersebut sudah korupsi akan tetapi beda-beda permasalahan yang dihadapi, tidak melulu karna telah melakukan korupsi. Memang ada sebagian kepala desa yang tidak tepat sasaran dan tidak transparan” ungkap bupati saat memimpin pertemuan.

 

Ia melanjutkan, masalah desa yang seringkali ditemui adalah pengelolaan dana desa kurang transparan, sebenarnya masyarakat mengerti bila kepala desa sudah transparan. Berharap uang yang miliaran rupiah itu dapat digunakan untuk membangun desa bukan untuk membangun kepala desa dan aparatnya.

 

Berikut hasil capai sementara penanganan beberapa desa bermasalah tersebut :

 

1). Desa Tugala. Kepala Desa bersedia menyelesaikan realisasi dana desa  yang belum terealisasi dengan baik.

2). Desa Tegideu. Diberi izin untuk melanjutkan pembangunan Aula dengan catatan apabila ada hasil maka dibagi dua serta kesepakatan lainnya.

3). Desa Imana. Kepala Desa beserta aparat bersedia bertanggungjawab

4). Desa Lahawa. Mantan bendahara bertanggung jawab dan bersedia mengembalikan dana yang belum terealisasi dengan baik semasa menjabat.

 

Rapat berjalan hangat dan tetap mematuhi protokol kesehatan. (AlexN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *