Sebarkan Berita

Nias Barat, Focusflash.id – Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu  didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Ernawati Gulo,S.Pd., M.M, Kepala Bappelitbanda, Eta Fajar Wiriatmo Daeli, SP., M.M, menyerahkan Power Thresher kepada lima Kelompok Tani Komoditi Sawah sebanyak 5 unit, bertempat Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias Barat di Jalan Iskandar Muda 05 Lahomi, Jumat (28/04/2023).

 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Nias Barat Ernawati Gulo, S.Pd., M.M pada laporannya mengatakan, bahwa  1 unit  Power Threser dapat melakukan perontokan 500 kg  s/d 700 kg padi perjam untuk ukuran lahan sawah seluas 1 Ha sedangkan kalau perontokan secara manual bisa mencapai 1 minggu lebih.

 

Selanjutnya kepala DKPP Ernawati Gulo, S.Pd., M.M menjelaskan mesin pertanian (alsintan) pascapanen yang diserahkan hari ini merupakan upaya Bupati Nias Barat di Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementrian Pertanian.

 

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menghimbau kelompok tani sawah penerima bantuan Power Thresher, agar dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Serta berharap DKPP tetap mendampingi dan mengawal terus kelompok tani.

 

“Kepada kelompok tani padi sawah yang telah menerima bantuan mesin ini, agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, tidak bisa dipindah tangankan apalagi diperjual belikan”, himbau Bupati.

 

Lanjut Bupati, “Saya berharap kepada  seluruh jajaran Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan agar mendampingi dan mengawal kelompok tani sawah penerima manfaat Power Threser ini, sehingga benar-benar dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan hasil yang memuaskan,” harap Bupati.

 

Berikut kelima kelompok tani sawah penerima Power Threser tersebut, yaitu ;

 

  1. Ratieli Gulo, Ketua Kelompok Tani Sejalan, Desa Gunung Baru Kecamatan Moro’o.

 

  1. Robert Estik Gulo, Ketua Kelompok Tani Damai Desa Mazingo Kecamatan Mandrehe Barat.

 

  1. Kauco, Ketua Kelompok Tani Sepaka Desa Iraonogambo  Kecamatan Mandrehe

 

  1. Yareni  Hia, Ketua Kelompok Tani Harapan Baru Desa Sitolu’ewali Kecamatan Moro’o,

 

  1. Muslina Daeli, Ketua Kelompok Tani Sepakat Desa Sitolubanua  Kecamatan Lahomi.

 

Sesuai pantauan awak media, penyerahan bantuan Power Threser telah terlaksana dengan baik dan telah diterima langsung oleh kelompok penerima manfaat.

 

(B86)

red-focusflash

dukung informasi ter-update

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *