Pelaksanaan Mapenta Sekaligus Seminar Pemuda Katolik Komcab Nias Barat

Sebarkan Berita

Nias Barat, Focusflash.id — Pemuda Katolik Nias Barat laksanakan kegiatan Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) dan seminar Komcab Nias Barat yang dilaksanakan di Aula Gereja Katolik Salib Suci Mandrehe, Sabtu (04/02/2023).

 

Pada pelaksanaan Mapenta dan seminar Pemuda Katolik Komcab Nias Barat di wakili beberapa kecamatan yang ada di Nias Barat, tiap Kecamatan diwakili 5 orang.

Ketua Pemuda Katolik Nias Barat Jason Hulu dalam kata pembukaannya menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan ini agar kepemudaan di Nias Barat khususnya organisasi identitas kepemudaan katolik tidak luput dari zamannya digitalisasi sekarang ini yang sedang berkembang.

 

“Kaum muda adalah sebagai agen perubahan di Republik ini maka harapan kita kepada kaum muda sekarang ini supaya menjadi penyalur berkat kepada orang banyak, kuncinya jangan terlena dengan perkembangan zaman digitalisasi sekarang ini yang menjerumuskan kita dalam dunia maya akan tetapi mari kita mencoba menciptakan hal baru dengan berkarya dan tetap tekun pada iman”, harap Jason

 

Jason menambahkan, kita ini Pemuda kedepan setelah melewati proses seminar ini agar punya prinsip persaudaraan ibarat organ tubuh, apa yang dirasakan salah satu organ tubuh kita maka dirasakan oleh organ lainnya, begitu pula kita nantinya ditiap kecamatan agar seperti organ tubuh.

 

Sambutan mewakili Tokoh penggerak pemuda Nias Barat Efik R. Gulo, Kaum muda saat ini harapan Negara dan khusus bagi gereja. Gerakan kepemudaan gereja memiliki kepatuhan pada hirarkhi ya dan mestinya mengemas kebersamaan dan persaudaraan hingga bisa diperhitungkan dalam mencapai tujuan dan berharap agar berkolaborasi dengan seluruh pemuda.

 

Pada arahan bimbingan Pastor Umar menyampaikan Pemuda Katolik inilah yang bisa mengawal dan menjaga kepentingan gereja

 

“Saya berharap kepada Pemuda Katolik kelak agar selalu berkoordinasi dengan para imam gereja agar tujuan dan kepentingan yang diharapkan dapat terwujud atas dasar kebersamaan”, ujar Pastor Umar

 

Seminar yang dilaksanakan pada pelaksanaan Mapenta ini diseminarkan oleh beberapa pemateri dengan judul yang berbeda-beda

 

Pemateri I

Disampaikan oleh Pastor Hario Tejo Bawono, O.Sc dengan judul materi Gereja dan Politik

 

Pemateri II

Disampaikan oleh Pastor Posma Manalu, Pr dengan judul materi Sejarah Pemuda Katolik

 

Pemateri III

Disampaikan oleh Siotaraizokho Gaho, S.Pd

dengan judul Materi Karakteristik pemuda menghadapi dinamika globalisasi

 

Pemateri IV

Disampaikan oleh Yusman Zendrato dengan judul materi Pengantar Berpikir Kritis

 

Diacara tersebut hadir tokoh Katolik, Lektor gereja ratu damai serta beberapa Tokoh muda Nias Barat.

 

Acara terakhir dengan foto bersama dengan Pengurus Pemuda Katolik, Pastor, Pemateri dan Anggota Mapenta.

 

(B. Hia)

red-focusflash

dukung informasi ter-update