DPRD KABUPATEN BUTON TENGAH STUDI BANDING KE PEMKOT BEKASI

Sebarkan Berita

BEKASI,focusflash.id.Komisi 3 DPRD Kabupaten Buton Tengah
Mengunjungi Pemerintah Kota Bekasi dalam rangka kunjungan kerja terkait Pembinaan, Pemberdayaan, Perlindungan serta pengawasan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Bekasi.Kamis.6.1.2022

 

Bertempat di Pressroom Humas, Kamis (6 Januari 2022), Pimpinan rombongan sekaligus Wakil Ketua DPRD Kab. Buton Tengah, Suharman yang turut didampingi oleh Ketua Komisi 3, Tasman.
Menjelaskan tujuannya datang untuk konsultasi permasalahan seputar koperasi dan UKM.

” Kedatangan kami untuk sharing dan belajar terutama di Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi terutama pembinaan dan pengembangan ”

Sebelumnya, Suharman juga menjelaskan secara singkat mengenai Kab. Buton Tengah merupakan pemekaran dari Kabupaten Buton.

Turut hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi, H. Abdillah Hamka beserta jajarannya.

Abdillah kemudian menjelaskan tentang struktur dari UKM Kota Bekasi dan sejarah Kota Bekasi.

” Kota Bekasi merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bekasi, dilihat dari geografis, sebelah timur merupakan induknya Kabupaten Bekasi, sebelah barat DKI Jakarta , Jadi kami dengan DKI merupakan bagian tidak terpisahkan ”

Kota Bekasi mempunyai 12 kecamatan dan 56 kelurahan dengan penduduk 2.4 juta jiwa. Terdiri dari semua suku dan budaya ada di Kota Bekasi.

Berkaitan dengan tujuan, Abdillah menjelaskan tentang pengembangan Koperasi masjid berbasis syariah untuk Masyarakat beragama muslim.

” Jadi kami (Pemerintah) memberikan kebebasan pada warga untuk memilih antara Konvensional dan Syariah biar seimbang. Tidak hanya itu, selama 3 tahun berturut-turut Kota Bekasi mendapatkan penghargaan berkaitan dengan koperasi ” Jelas Abdillah.

Beliau berharap dengan adanya kehadiran koperasi ini bisa mengurangi permasalahan kegiatan pinjaman ilegal yang ada di masyarakat.

Informasi tambahan, Bantuan pemerintah sudah digulirkan sejak tahun 2020 kepada tidak kurang dari 203.000 penggiat UMKM untuk membantu dalam menghadapi krisis di tengah pandemi

Ditambah lagi, Pemkot Bekasi juga memberikan bantuan pinjaman tanpa bunga kepada para penggiat UMKM yang dibina.

” Kita membantu membeli para penggiat UMKM yang membuat masker dan minuman kesehatan, yang nantinya kita berikan kepada warga masyarakat yang terpapar Covid -19 ” Tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif, pemberian cinderamata, dan foto bersama antara Pemerintah Kota Bekasi dengan DPRD Kabupaten Buton Tengah.Red

red-focusflash

dukung informasi ter-update